Arogansi Tarif IndiHome yang Tidak Sesuai dengan Janji Sales

Pada sekitar pertengahan bulan Maret 2024, saya dan suami berencana memasang WIFI untuk menunjang kebutuhan pekerjaan dan entertainment kami. Akhirnya setelah mencari di Facebook Marketplace, suami saya tertarik dengan iklan yang dipasang oleh Ri** Da*** dengan nomor 0881-3594-***.

Oleh Ri** ini, saya ditawari beberapa paket Wi-Fi dengan rincian biaya pasang dan bulanan flat seperti pada screenshot gambar berikut.

Saya dan suami sepakat untuk mengambil paket 30 Mbps, dengan biaya pasang Rp110 ribu dan bulanan Rp110 ribu. Singkat cerita, suami saya (a.n. Mustofah) diminta mengisi data formulir segala macam untuk keperluan registrasi Wi-Fi, hingga tibalah hari-H Wi-Fi dipasang oleh teknisi IndiHome. Saat pemasangan tidak ada kendala, sampai kemudian oleh teknisi diberikan nomor aktivasi, yang ternyata setelah dibayar di Alfamart kena biaya sekitar Rp50 ribuan.

Saya sempat curiga, karena biaya pasang tidak seperti yang dijanjikan oleh si Ri**. Setelah saya cek paket IndiHome, saya curiga kalau kami dikenakan paket 30 Mbps yang bulanannya kena Rp220 ribu seperti gambar paket berikut:

Namun si Ri** berdalih kalau itu harga promo dan jika tagihan bulan berikutnya tidak sesuai, bisa komplain ke dia. Akhirnya kami menunggu sampai bulan April 2024 (untuk membayar tagihan bulan Maret). Ternyata tagihan WIFI sebesar Rp221.284, seperti yang tertera pada setruk berikut:

Suami saya berusaha menghubungi Ri** untuk mengkonfirmasi hal tersebut. Namun dia sudah tidak bisa dihubungi dari tanggal 8 April 2024 sampai dengan sekarang. Sepertinya dia memang penipu yang sengaja memasang harga tarif murah untuk membohongi customer, dan setelah customer tertarik dan memasang Wi-Fi, dia akan kabur.

Saya tidak tahu apakah kebanyakan seller Wi-Fi IndiHome memakai modus seperti ini? Mengiklankan harga murah untuk menjebak konsumen agar dia mendapat profit/keuntungan karena berhasil mencapai target penjualan?

Saya dan suami kesal, tapi mau bagaimana lagi karena Wi-Fi sudah dipasang dan kami memang membutuhkannya untuk menunjang pekerjaan? Namun yang lebih parahnya adalah arogansi dari IndiHome itu sendiri. Pada tanggal 6 Mei 2024, saya mengecek tagihan WIFI untuk bulan April 2024. Alangkah terkejutnya saya, karena tagihan bulan April 2024 menjadi Rp310.800. Sangat tidak wajar, karena IndiHome mengiklankan tarif bulanan flat.

Kami masih terima dibohongi oleh seller IndiHome, yang menyatakan paket 30 Mbps yang awalnya dikatakan Rp110 ribu tapi ternyata tagihannya Rp220 ribu. Namun kami tidak bisa terima arogansi IndiHome yang seenaknya menaikkan tagihan, yang awalnya Rp220 ribu menjadi Rp310.800.

Sangat tidak profesional dan terkesan seenaknya. Padahal perusahaan besar, tapi kredibilitasnya sangat tidak memuaskan. Saya mohon untuk tim HR atau manajer IndiHome berkenan menanggapi keluhan saya ini.

Asri Anggun

Sidoarjo, Jawa Timur

Berita Terkini