Bandung – Grand Tjokro Premiere Bandung merupakan salah satu Hotel mewah yang menawarkan akomodasi modern dengan Wi-Fi gratis di seluruh areanya, kolam renang atap gedung, ruang rapat, serta restoran dan bar. Dan Hotel tersebut terletak di area perbelanjaan Cihampelas yang terkenal di Bandung.
Hotel ini dapat dicapai dalam 15 menit berkendara dari mal Cihampelas Walk dan sekitar 15 menit berkendara dari Rumah Mode Factory Outlet yang trendi dan terkenal. Mal Bandung Indah Plaza dapat dicapai dalam 20 menit berkendara, sedangkan Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung dalam 30 menit naik mobil.
Dapat diakses melalui lift, kamar-kamarnya menampilkan desain modern dan bersih serta dilengkapi AC, TV kabel layar datar, lemari, dan minibar. Setiap kamar juga memiliki brankas dan kamar mandi dalam dengan fasilitas shower air panas dan dingin serta sandal.
Hotel ini menawarkan resepsionis 24 jam dengan layanan pramutamu dan penitipan koper. Fasilitas lain seperti antar-jemput bandara, laundry, dry cleaning, fasilitas rapat/perjamuan, dan pusat bisnis tersedia dengan biaya tambahan.
Tjokro Restaurant menawarkan pilihan bersantap yang menyajikan makanan Indonesia, Tiongkok, dan Barat, sedangkan Street Grill Café menawarkan berbagai piza dan menu steik. Anda juga dapat menjelajahi daerah sekitarnya di mana tempat bersantap lainnya dapat ditemukan hanya dalam 15 menit berkendara.
Namun, dibalik kemewahan dan fasilitas yang serba ada, ternyata masih banyak pengunjung atau wisatawan yang komplain karena kecewa atau tidak puas dengan pelayanan serta fasilitas yang ada di hotel ini.
Berikut ini beberapa komplain yang berhasil dirangkum oleh awak media dari beberapa laman yang mengulas tentang Hotel Grand Tjokro Premiere Bandung :
1. Zeffa A
Kesini tgl 23 Januari 2024. Untuk lokasi sangat strategis. Memutuskan kesini krn brosing2 hotel kids friendly. Dapet gedung yang di rooftop ada minizoo dan playgroundnya. Tapi kecewa si untuk area playgroundnya berbayar (seinget sy 25-35k, tp udahannya nyesel krn not worthy, mending sekalian ke playground di BIP ada happy kiddy lebih luas dan puas). Saran: minimal utk tamu hotel, mestinya dapet free masuk playground 1 atau 2 jam lah sbg complementary service. Playground dan mini zoo keliatan kurang terawat, perosotan perlu diperhatikan aspek safetynya. Poolnya dekat zoo, ga terlalu besar dan bau kaporit cukup menyengat.
2. Star Twinkle
Saya menginap di Grand Tjokro dari tanggal 22 – 25 dec di kamar premier deluxe direct melalui whatsapp official mereka. Harapan saya menginap disana supaya bisa entertain anak saya dengan fasilitas disana.
Tapi pengalaman tidak menyenangkan terjadi saat menginap.
Saat pertama check in saya dapat kamar, bisa di bilang tidak layak, tmpt tidur masih kotor, meja-meja berdebu, laci dan furniture lain rusak tidak mencerminkan layak utk di tempati.
Saya req ganti kamar, dapat kamar baru dan lebih bersih, lebih layak tapi kamar mandi banyak kerak dan kotor.
Gong kekecewaan saya terjadi di hari kedua, seharian saya pergi sampai malam baru pulang ternyata kamar saya tidak di bersihkan donk.. pdhal lampu request makeup room sudah menyala.
Saya telp ke CS atas nama asda, bukan minta maaf dan cari solusi tapi malah alasan, dan bertanya sampai 3x apakah saya sudah req kamar utk bersihkan. Aneh utk bersihin kamar kan itu wajib. Lalu saya tanya utk yg stand by di housekeeping, di bilang tidak ada yg standby.
Lama sudah asda cari alasan, akhirnya saya turun dan mencari manager on duty malam itu. Setelah itu datang dari bagian housekeeping utk bersihin kamar namanya Aden (ga salah tapi kena marah karena sudah kesal, malam bawa anak 2 msh baby n toodler jd tantrum karena mau tidur tidak bisa) thanks mas Aden, uda gercep bersihin dan minta maaf atas nama temennya.
Lalu pada malam itu juga sekitar jam 10an saya telp ke CS atas nama Ajeng, saya mau pinjam alat makan, setelah sekian lama saya di telp ke kamar yg mana suara telp kencang dan membangunkan anak saya yg bayi. Di bilangnya alat makannya tidak bisa di pinjam krn kitchen sudah tutup, itu alasan aneh kitchen hotel tutup, saat saya masih on call dengam Ajeng eh ada yg ngebell ternyata staff yg anter alat makan. What.. Ajeng bilang ga bisa tapi ternyata ada yg anter, kordinasi atar dept gimana ya????? Akhirnya begadang lah bayi saya tidak bisa tidur lagi..
Kacau seh CSnya melayani tamu, servicenya parah, tutur bahasa juga tidak bagus.
Besok pagi dan setiap pagi sampai hari terakhir kita kalau mandi pagi ga pernah ada air alias air shower cuma netes” aja.. wajar ga seh air di kamar tamu begitu??
Saat tgl 24 pagi saya di datangi oleh manager Housekeepinh namanya pak Asep, beliau meminta maaf, responnya bagus. Dan klarifikasi kalau Housekeeping di malam hari selalu ada yg standby (nah berarti kan Csnya kacau, ngibul cari alasan)
Thank you pak Asep atas servicenya, good luck.
Utk restaurant saat itu rame parah, kayak pasar tapi makanan tidak pernah kosong, kalau habis selalu di isi kembali, dan variasi makanan banyak banget.
Kalau utk anak” seh memang di manjakan kan ya banyak fasilitas walau tetep ada yg harus bayar juga, bukan fasilitas gratis dari hotel.
Saya seh ga akan balik lagi ke grand tjokro bandung, dengan harga tidak murah tapi dapatnya apa… tidak menyenangkan Dan mikir-mikir deh kalau mau ke jaringan grand tjokro di kota-kota lain.
Di badung parah.
Ada insiden kesalahpahaman yang membuat saya sangat kecewa dengan pelayanan dan langkah mitigasi yang diambil oleh hotel ini.
pertama-tama, saya agak kecewa karena saya ditempatkan dikamar tanpa jendela yang menghadap keluar hotel (praktis tidak ada sinar matahari, tidak tahu sudah gelap/terang, dsb)
Low ceiling, ada bercak2 di langit2 yang saya gatau itu apa. Sudah request untuk pindah kamar, namun tidak ada yang available.
handuknya bau lembab gitu loh, seperti belum kering.
Kamar mandinya juga gelap, pencahayaannya ya gitu aja 🙁
Suasananya agak ribut, dan kayak ga kedap karena bisa terdengar suara orang di lorong.
Buat makanan, overall ndak ada masalah sama sekali, karena cukup enak, dan variasi menunya mumpuni.
Oiya, kunci kamar hanya 1, kalau mau minta tambahan harus deposit 100ribu. Jujur aneh, karena itu hanyalah kunci RFID yang sangat mungkin diperbanyak, dan harga satuan kartu bahkan gak sampe seratus ribu 🙁 begitu juga dengan mesin untuk multiply RFID Access.
Lokasi oke yah, walking distance kok ke ciwalk, dan jalan depan cukup luas, ada alfamart & indomart.
Nah, saat kami sedang conference meeting di ballroom lantai 2, juga ada event birthday yang akan berlangsung di ruangan sebelah dan mereka akan menggunakan setengah dari ruangan kami juga. Entah salah siapa (Agency travel kami yang tidak komunikasi dengan pihak hotel, atau pihak hotel berasumsi bahwa kami akan beres di jam 4 sore), tiba2 seorang yang entah siapa (apakah itu keluarga si empunya acara ultah, atau Event Organizernya) – merangsek masuk ke acara kami dan bertanya dengan nada yang cukup tinggi (In my opinion, bisa dicek juga ke CCTV jika ada), menanyakan kapan acara ini akan berakhir, karena menurut mereka ini harusnya sudah beres di jam 4 sore. Kami menyatakan bahwa acara ini akan beres di jam 6.15 sore. Namun, mereka tidak terima dan akhirnya membuka pintu ruangan yang sedang kami gunakan, dan bolak balik masuk, bahkan salah satunya berdiri di luar seperti satpam, meletakkan tangan di pinggang, dan menatap orang yang keluar masuk dari ruangan kami. Jujur, nggak nyaman banget.
Kami berusaha untuk menanyakan bukti booking/percakapan yang menyatakan bahwa apakah travel agent benar menyatakan akan beres di jam 4 sore. Namun, sampai saya menulis review ini, bukti tersebut belum benar2 menyatakan hal tsb.
Adapun ,jika kami extend dan salah menggunakan ruangan, saya rasa tidak berhak seorang tamu lain masuk dan bersikap seperti itu, karena kami sama2 membayar dan menunaikan kewajiban yang sama. Dan pihak sales hotel, in my opinion, seharusnya berada disitu dan menengahi hal tsb.
Dan, satu hal lagi yang. menurut saya harus diperbaiki dari pihak hotel adalah, bagaimana bisa yah, anda menjual slot ruangan dengan spare waktu yg sangat minim antar event, jika memang acara ultah mulai jam 5.30, dan kami (dinyatakan oleh mereka) selesai di jam 4, berarti mereka hanya menjeda 1,5 jam untuk beberes dan persiapan, sangat beresiko waktu seMEPET MINIMAL itu, terutama karena hotel menjual jasa, hospitality, dan citra baik. Time managementnya di sini sangat dipertanyakan, terlebih saya paham tiap pagi pasti pihak hotel punya waktu briefing pagi dan lihat schedule penggunaan tiap ruangan.
Terlebih kami memesan full board package, dimana ada hampir 90 orang menginap selama 3 hari 2 malam plus penggunaan board room meeting selama 2 hari berturut-turut.
But, i guess it didn’t count for them 🙂
Well, it has passed, and i note this as suggestion, so in the future they would consider a better mitigation or communication, therefore no one would be treated like us 🙂
Anak sampe 3x ke runah kelincinya. Tempat bersih dan kids friendly, hanya hari pertama pas hujan beberapa spot bocor, dan siang besoknya kesitu lagi panas, karna atapnya ckup trnasparan. Smoga ada perbaikan kedepannya.
Sarapan bervariasi. Tapi sayang menu hari pertama rasanya banyak yang keasinan, terutama gudeg-nya.. Asiin banget. Sarapan hari kedua enak semuanya pas, gak keasinan.
Kolam renang terbilang kecil untuk hotel bintang empat, gak bisa renang karena selalu penuh. Selebihnya fasilitas oke. Beneran hotel ramah anak. Banyak playground & ada mini zoo. Ada buffet khusus anak juga. Di kamar ada fasilitas fun camp dan dapat hadiah untuk anak (bubba cookies, puzzle, sandal dan boneka). Pastinya anak-anak suka banget nginep di sini.
Pengalaman yang menyenangkan liburan di sini, next bakalan balik lagi karena penasaran mau nginep di Bubba Suite-nya. Baru tau klo ada type kamar itu.
Service bagus, petugas nya ramah dan membantu, sesuai standar. Sarapan juga lengkap, malah menurut saya sarapan di sini paling variatif diantara mayoritas hotel bintang empat. Untuk rasa yahhh gak bisa di bilang paling enak, ada beberapa makanan yang dingin, tetapi sudah lumayan cukup untuk sarapan.
Tapi hal yang paling saya sayangkan adalah kamar nya. Pertama, lantai di kamar mandi banyak kerak air nya jadi terkesan KOTOR, apa susah nya sih bersihin kerak air gitu?
Kedua, entah kenapa handuk nya itu bau apek, keliatan nya sih baru tapi bau apek, bikin illfeel…
Ketiga, kamar tidak terlalu kedap..
Keempat, beberapa bagian karpet di kamar kotor, seperti lupa dibersihkan sebelum saya check in.
Kelima, parkiran nya sempit tapi ya saya gak terlalu masalah sama ini karena susah untuk diubah
Kayaknya saya tidak akan ke sini lagi, semoga bisa lebih improve lagi untuk kebersihan kamar nya, sayang sekali padahal fasilitas nya lumayan lengkap.
Untuk layanan nya bener bener bagus ramah dan sangat menolong. dateng ke tempat ini tgl 25-26 desember 23. high season dan sulit parkir. staff nya langsung gercep bantuin kita untuk parkir valet. kita langsung bisa ke kamar.
kamar 10/10.
luasnya pas. kita ambil kamar yang twin. luas nya pas banget. air panas nya nyala. toilet nya bagus. benerann wangi banget dan bersih.
lokasi 10/10. strategis banget.
untuk fasilitas nya:
– ada zoo nya yang bisa di liat gratis. berbayar untuk yang mau kasih makan hewan.
– ada kolam renang di rooftoop.
– spa mom and kids
– ada tempat bermain anak. di gedung 1 deket kolam renang dan zoo ada tempat bermain anaknya yang berbayar dan gratis. di gedung 2 deket gym ada permainan anak tp ga tau gratis atau bayar. untuk gym nya pengunjung bisa menikmati tanpa bayar.
– ada mart di dalam hotelnya.
untuk harga 1jt+ nginep disini udah lengkap semua muanya cukup worth it. orang tua happy anak happy.
happy holidayssss.