Demi Kemajuan Atlet Olahraga Indonesia, Wapres Ma’ruf Amin Tegaskan Agar Sport Science Ini Harus Dipraktikkan Secara Serius

BALIKPAPAN, BKP – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin ingin pembinaan atlet dilakukan secara terus menerus dengan menerapkan sport science. Pelaksanaan yang dilakukan secara serius itu nantinya diharap dapat memajukan kualitas atlet dalam persaingan merebut prestasi ditingkat dunia.

Demikian disampaikan Wapres dalam sambutannya saat menghadiri puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 Tahun 2022 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (9/9). Tema Haornas tahun ini yakni Bersama Cetak Juara.

“Mencetak juara tentu bukan perkara instan, melainkan butuh pembinaan secara berkelanjutan yang berbasis pada ilmu pengetahuan. Sports Science mesti dipraktikkan secara serius, agar atlet atlet kita makin terurus,” kata Wapres.

Lebih lanjut, Wapres mendorong pembangunan industri olahraga dapat memberikan partisipasi pada pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini jelas membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak.

“Kita ingin mencetak gaya hidup sehat dan atlet berprestasi. Namun lebih dari itu, kita juga ingin membangun industri olahraga yang dapat menyumbang pada pertumbuhan ekonomi. Visi ini membutuhkan bangunan sinergi pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha dan industri, media dan akademisi, serta masyarakat luas, termasuk para atlet dan pelatih,” ujar Wapres.

Wapres juga mengajak pihak-pihak terkait untuk saling sinergi dan berkolaborasi demi membangun industri olahraga nasional yang saat ini semakin hari terus memberikan sinyal kualitas terbaik. Disamping itu, Wapres mengapresiasi para atlet yang telah berjasa mengharumkan nama bangsa ditingkat internasional.

“Saya mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk berkolaborasi membangun ekosistem yang modern dan kondusif bagi tumbuhnya industri olahraga nasional,” terang Wapres.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih, khususnya kepada para atlet dan pelatih, yang telah mengibarkan bendera Merah Putih dan mengumandangkan Indonesia Raya di panggung-panggung olahraga. Selamat Hari Olahraga Nasional ke-39. Maju dan berprestasi olahraga Indonesia,” jelas Wapres.

Berita Terkini