Email anda di Hack? Begini Cara Mengetahuinya!

Sering sekali kita mendengar berita tentang peretasan yang berkaitan tentang data pengguna di platform atau aplikasi mana pun. Biasanya, para pelaku yang melakukan peretasan akan mencuri informasi-informasi berupa email, password, nama, alamat, tanggal lahir, nomor telepon dan banyak lagi. Dan belum lama ini, Tokopedia sebagai salah satu perusahaan ternama di Indonesia mengalami sebuah musibah, dimana hacker telah berhasil melakukan pencurian puluhan juta data penggunanya.

Manajemen Tokopedia memberikan keterangan resmi dan mengakui bahwa adanya upaya tindak pencurian data pengguna sebanyak 91 juta data pengguna. Pada hari Sabtu (2/5/2020) lalu, Tokopedia memberikan edaran resmi yang berisikan pengakuan atas terjadinya Tindakan peretasan, namun pihak Tokopedia memastikan, informasi penting pengguna, seperti password tetap berhasil dilindungi.

Data yang paling penting dan yang pertama kali harus kita lindungi adalah email pribadi kita sendiri. Dengan cara menganti password dan menambah sistem keamanan seperti menggunakan sistem verfikasi dua langkah dan sabagainya.

Berikut ini adalah salah satu cara untuk mengetahui apakah email kita telah diretas atau tidak.

  • Masukan alamat email anda dikolom yang tersedia, lalu tekan periksa.
  • Kemudian anda akan dibawa ke halaman selanjutnya, yang mana akan memberikan keterangan mengenai email anda. Jika email anda pernah diretas, maka akan muncul tampilan seperti ini :
  • Namun, jika email anda tidak pernah diretas atau masih aman-aman saja, maka tampilannya akan seperti ini :

apabila email anda terdeteksi pernah diretas, maka lakukan tindakan penanganan pertama yaitu dengan mengubah password dan mengaktifkan verfikasi dua langkah.

Berita Terkini