Cara Unik Merayakan HUT RI Ke 77 Di Kampung Calingcing, Kabupaten Garut

GARUT, BKP – Kampung Calingcing, Desa. Kersamanah, Kecamatan. Kersamanah, Kabupaten. Garut, saat ini dijuluki sebagai “Kampung Cahaya”. Alasan mengapa kampung ini bisa dijuluki sebagai Kampung Cahaya, karena kampung Calingcing, khususnya warga RW.04, selalu mempunyai ide juga inovasi yang unik dan meriah dalam memperingati hari hari besar di setiap tahunnya.

 

Sebelumnya, warga kampung di Desa Calingcing khususnya warga RW.04, membuat acara makan makan dengan cara khas adat Sunda (Ngaliwet). Bahkan acara Ngaliwet ini menjadi salah satu acara ngaliwet terpanjang Di Garut dalam memperingati tahun baru Hijriyah 1444 kemarin.

Kini, dalam Memperingati HUT RI yang ke 77, warga Kampung Calingcing, khususnya warga RW.04, membuat inovasi baru, yaitu dengan cara membuat ornamen dari lampu sepanjang jalan Calingcing sampai jalan Ci Barugbug terang benderang. Sehingga hal ini lah yang membuat Kampung Calingcing di nobat kan sebagai kampung Cahaya.

 

Ketua RW 04 Bapak Agus Mulyana mengatakan “Alhamdulillah warga di sini selalu punya terobosan baru dalam memperingati hari hari besar, dan masyarakat setempat selalu antusias secara swadaya.”

Turut hadir pula Kepala Desa Kersamanah, Bapak Didin Wahyudin Sos, juga Bapak Camat Kecamatan Kersamanah, Muhrom Suhandi AMP, dan staff. Bapak Didin juga turut mengapresiasi sekali kegiatan seperti ini, dan berharap untuk ke depan, kegiatan seperti ini lebih semarak. Sehingga bukan hanya warga di RW 04 saja, tetapi semua warga di desa Kersamanah khususnya di RW lain yang ada di Desa Kersamanah bisa mengikuti kegiatan seperti ini.

“InsyaAllah ke depan nya pihak Desa siap mempasilitasi kegiatan positif yang ada di wilayah Desa Kersamanah ini.” Lanjutnya.

 

Di waktu yang bersamaan, Camat Kersamanah yaitu Bapak Muhrom Suhandi juga sangat bangga dan ikut mengapresiasi kegiatan ini. Sekaligus beliau meminta maaf, atas batalnya kedatangan Bupati Garut, Bapak Rudi Gunawan, yang pada awal nya akan hadir di acara hari ini. Tetapi karena ada agenda yang lebih penting, akhirnya beliau mengundur jadwal kedatangan ke Desa Kersamanah ini.
Wawan Darmawan.

Berita Terkini