Menteri PUPR Buka Suara Soal Kelanjutan Proyek Tol Terpanjang di Indonesia

Buletin Kompas Pagi – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono buka suara soal keberlanjutan proyek bakal jalan tol terpanjang di Indonesia, Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci).

Hal ini disampaikannya saat ditemui usai melakukan pemungutan suara di TPS 161 Kemang Pratama Bekasi, Rabu (14/2/2024).

Basuki mengatakan, Kementerian PUPR baru saja melaksanakan rapat pimpinan (rapim) terkait proyek Tol Getaci. “Saya kemarin rapim, saya tanya satu-satu, Getaci ini kita lagi kayak market sounding, kira-kira ada yang mau ikut tender atau enggak,” kata Basuki.

Namun demikian, Menteri Basuki menargetkan penetapan pemenang tender proyek Tol Getaci dilakukan pada tahun ini, “Tahun ini target penetapan pemenang,” lanjut Basuki.

Adapun pemerintah memastikan bahwa Tol Getaci tetap menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN).

Hal ini disampaikan oleh Asisten Deputi Percepatan dan Pemanfaatan Pembangunan Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian Suroto dalam media briefing di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (7/2/2024).

Lanjutnya, proyek Tol Getaci ini masih dalam proses tender ulang untuk penentuan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). “Pengadaan lahannya juga sudah kami anggarkan,” imbuh Suroto.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, proyek Tol Getaci masih dalam tahap lelang pekerjaan konstruksi. “Kita masih tender, masih lelang konstruksi, jadi lewat tahun 2024 (beroperasinya),” tutur Hedy saat ditemui usai peresmian Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor, Senin (8/1/2024).

Namun demikian, Hedy menargetkan pekerjaan fisik Tol Getaci bisa dimulai pada Semester II-2024. Dikutip dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), proses pelalangan memasuki tahap pengumuman pra-kualifikasi dengan dokumen suratnya tertandatangani pada Kamis (19/10/2023).

Di dalam dokumen itu tertulis proyek Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Ciamis sepanjang 108,30 kilometer dengan perkiraan nilai investasi Rp 37,14 triliun.

Sehingga, prioritas pembangunan jalan tol ini adalah sampai daerah Ciamis dari yang sebelumnya langsung tembus Cilacap. “Tahap satunya kita Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) sampai Ciamis. Kenapa sampai Ciamis? Karena memang yang traffic-nya tinggi sampai Ciamis.

Dengan adanya tol membangkitkan lalu lintas, setelah lalu lintas yang Cilacap bangkit, kita baru lanjutkan tol tahap duanya dari Ciamis ke Cilacap,” tuntas Hedy saat ditemui usai meninjau proyek Inpres Jalan Daerah (IJD) di Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (8/11/2023).

Sebagai informasi, Tol Getaci digadang bakal menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia sepanjang 206,65 kilometer, menggeser posisi Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) yang saat ini masih menjadi tol terpanjang di Indonesia dengan bentang 189 kilometer.     (OKS)***

 

Berita Terkini